Sabtu, 31 Maret 2018

Review Manga : One Piece Ch. 900


Ekspresi Big Mom sudah terduga saat memakan kue pernikahan pengganti buatan Sanji, yang tak terduga adalah efek setelahnya, Big Mom jadi bertambah kuat setelah itu, yang lebih menakutkan, tak hanya Big Mom yang bertambah kuat jiwa-jiwa Big Mom pun juga, termasuk kapal utama Big Mom yang tiba-tiba muncul di depan Sunny, dan berujung ledakan pada Sunny, wth! Sunny meledak begitu saja, semua perjuangan Topi Jerami seperti sia-sia, mengingat sangat berat mereka berusaha keluar dari Totto Land, dan berakhir mengenaskan seperti ini, formula bad ending ini mungkin belum pernah digunakan di One Piece, cmiiw, atau mungkin ini bukan akhir dari saga Big Mom? Entahlah, sepintas saya berpikir ini adalah troll dari Oda, mengingat sebentar lagi tanggal 1 april, yap, april fools.

Well, itu hanya sekedar dugaan saya, sejujurnya itu harapan saya, karena saya tak rela Sunny dihancurkan begitu saja, hehe. Oke, terlepas dari april fools, sebenarnya ini sangat realistis, Luffy yang hanya membawa beberapa orang, nekat menerobos markas seorang yonkou untuk menyelamatkan Sanji, terdengar mustahil, Sunny melawan banyaknya armada Big Mom, ditambah lagi kapal utama Big Mom yang ujug-ujug muncul, menambah jarak kekuatan antara Big Mom dan Topi Jerami, inilah kekuatan Big Mom yang sebenarnya, kekuatan ini sebelumnya tertahan karena Big Mom sedang tantrum, ironisnya kue buatan Sanji lah yang "menyembuhkan" Big Mom, dan sekarang malah menjadi bumerang bagi kelompoknya.

Jika tahu akan jadi seperti ini, lebih baik biarkan saja Big Mom menghancurkan seluruh pulau dan anak buahnya dan mati kelaparan, atau berikan racun pada kue pernikahannya seperti kata Bege, Topi Jerami terlalu baik, agak kurang cocok dengan prinsip bajak laut, hmmm.

Luffy pernah menerobos Enies Lobby, Luffy juga pernah nekat menerobos Impel Down dan berhasil keluar lagi, ini sangat mustahil, tapi Luffy bisa, hal-hal ini yang membuat kita percaya Luffy juga berhasil keluar wilayah Big Mom, namun semua itu diputar oleh Oda, harapan kita yang tinggi seakan-akan dipukul jatuh dengan hanya dengan beberapa panel, plot twist ini sedikit membuat saya trauma untuk berprediksi, hehe.

Bantuan dari para fishman sudah tak ada lagi, sebab Oven datang dan mendidihkan lautan di area peperangan, fishman kabur karena air laut menjadi panas, rupanya cukup mudah untuk mengusir para fishman, hal ini menambah kejomplangan kekuatan antara Topi Jerami dan Big Mom, ini mungkin adalah kelemahan Bajak Laut Topi Jerami, sedikitnya kru, dan minimnya armada, memang walaupun memiliki kru yang sedikit, bajak laut ini memiliki para kru dengan keahlian di atas rata-rata, namun apalah arti keahlian tinggi jika dihadapkan dengan armada yang bisa dibilang berjumlah "tak terbatas" ini, apalagi ini adalah perang laut, jumlah sangat berpengaruh, "tapi Luffy bisa selamat kok selama ini hanya dengan kru yang sedikit?" Ya tentu saja, karena selama ini Topi Jerami hanya kabur dari perang laut.

Mungkin sudah saatnya Luffy memiliki armada yang besar, yah minimal memiliki kru yang lebih banyak untuk memenangkan perang laut. Sebenarnya saya lebih menyukai bajak laut yang seperti ini, serampangan, tanpa rencana, tanpa ada ambisi memperbesar kelompoknya, sangat berbeda jika dibandingkan dengan kelompok lainnya, namun di sisi lain pembaca (khususnya saya) juga ingin perjalanan Luffy dibuat serealistis mungkin, agar pikiran seperti "tak mungkin Luffy bisa mengalahkan yonkou" hilang, Luffy butuh armada besar, untuk mengalahkan sesuatu yang besar.

Saya rasa, Oda berhasil mengakali itu semua, dengan hadirnya The Self-Proclaimed Strawhat Grand Fleet, kumpulan beberapa bajak laut yang "mengaku-ngaku" bagian dari armada Bajak Laut Topi Jerami, hal ini berhasil menggabungkan sifat Luffy yang tak memiliki ambisi memperbesar kelompoknya dengan keharusan Luffy memiliki armada besar.

Kesadaran Big Mom kembali, kekuatan Big Mom kembali, tak ada lagi pembantaian, tak ada lagi penghancuran pulau, dan Pudding lah yang menjadi pahlawan, menurut warga dan para anak buah Big Mom, well, Pudding tahu persis siapa yang seharusnya jadi pahlawan, mungkin Pudding sebaiknya memberitahu yang sebenarnya, kepada para warga, para anggota Bajak Laut Big Mom, pada para Charlotte, terutama pada Big Mom, bahwa kue yang saat ini dimakan oleh Big Mom bukanlah apa-apa jika tidak ada bantuan dari Sanji, ini dibutuhkan untuk menarik simpati para anak buah Big Mom pada Topi Jerami, mengingat saat ini Topi Jerami sedang berada di ujung tanduk.

Apakah seluruh kru Sunny mati? Tentunya tidak, yang saya kesalkan adalah hancurnya Thousand Sunny, memang belum terlalu jelas kapal mana yang diledakkan, tapi melihat jolly roger Topi Jerami yang terbakar, mungkin 70% adalah benar bahwa Thousand Sunny lah yang hancur, 30% sisanya adalah harapan saya yang tentu saja masih menginginkan bukan Sunny lah yang hancur, toh hanya benderanya saja kan yang terlihat jatuh dan terbakar.

Jika dipikirkan dengan keras dan dicampur harapan, sebenarnya masih banyak kemungkinan Sunny selamat, seperti, bisa saja itu kekuatan bayangan Nami, bisa juga hanya bendera Topi Jerami yang jatuh saat Sunny berhasil terbang dengan coup de burst tepat sebelum diledakan, atau bisa juga Sanji memiliki trik untuk mengelabuhi armada Big Mom, dengan menukar bendera Topi Jerami dan Big Mom secara diam-diam.

Para kru di dalam Sunny bisa dipastikan selamat, karena ada Jinbe dan Sanji yang lincah bergerak di laut, mereka pasti mengetahui adanya serangan, sehingga mereka berhasil lompat ke laut, dengan membawa semua awak pastinya.



Kanpai!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar