Sabtu, 02 Juni 2018

Review Manga : One Piece Ch. 906


Mary Geoise atau Mariejois? Setelah bertahun-tahun Oda memakai nama Mariejois, akhirnya dia menggantinya dengan Mary Geoise, entah apa penyebabnya, padahal nama Mariejois sudah sangat melekat di kepala pembaca, termasuk saya, ya mungkin bukan masalah yang besar, karena Mary Geoise tetap dibaca Mariejois, hanya penulisannya saja yang jadi sedikit lebih susah.

Dimulai dari rombongan Raja Neptune, Shirahoshi tak berhenti mengaggumi apa yang ada di "permukaan", apalagi yang dia lihat saat ini adalah kemegahan Mary Geoise beserta hutannya, yang menarik, Mary Geoise memiliki travelator, sejenis eskalator datar seperti yang ada di bandara, yap, terlihat canggih, tapi ternyata dibalik kecanggihan itu ada perbudakan, emm jadi gimana? Jadi, travelator itu tidak bergerak dengan mesin, melainkan tenaga manusia, budak yang mungkin mereka (Celestial Dragon) beli atau culik, hal ini yang menyebabkan Fukaboshi, anak sulung Raja Neptune, memiliki perasaan yang tidak enak saat menaikinya, dan akhirnya dia memutuskan untuk memakai jalan biasa, mungkin ini hanya contoh kecil dari perbudakan Celestial Dragon, di dalam istana dan komplek perumahan para Celestial Dragon pasti ada lebih banyak lagi perbudakan, inilah salah satu sebab yang menggerakan Revolutionary Army.

Karakter menjijikkan Sterry tetap menjadi yang teratas, bahkan setelah kemunculan Wapol, bagaimana tidak, dia mengejek Raja Neptune dan kaumnya, sebagai kaum yang tertinggal karena mereka tidak ingin menaiki travelator, yang menjengkelkan, Sterry sebenarnya juga tidak tahu akan alat itu dan menganggapnya gempa di awal, bahkan dia salah dalam penyebutannya, yap, dia hanya orang bodoh yang selalu menganggap orang disekitarnya bodoh, menjijikkan.

Bicara tentang Wapol, bicara juga tentang reuni, semua yang pernah ditolong dan disakiti Luffy berkumpul di sini, yah tentu yang disakiti lebih sedikit, Wapol. Saya membayangkan, nama Luffy akan lebih "harum" nantinya di depan kerajaan-kerajaan yang ikut reverie ini, kenapa? Karena para putri, pangeran dan raja yang pernah diselamatkan oleh Luffy bertemu dan saling membicarakan kebaikannya, biarpun itu semua diceritakan dengan cara bisik-bisik, karena Luffy adalah bajak laut, tapi percayalah cara bisik-bisik adalah cara yang lebih efektif dalam membicarakan kebaikan orang daripada dengan berteriak, orang yang mendengar akan lebih percaya dengan cara ini.

Drum, Arabasta, Ryugu, Dressrosa, adalah kerajaan-kerajaan yang terdaftar World Govt yang pasti akan berpihak pada Luffy, maksudnya, mereka akan berpihak pada "kewarasan" dan kebaikan, mereka adalah kerajaan yang pasti menentang keras sistem World Govt dan Celestial Dragon yang sekarang, mungkin pada perang akhir kerajaan inilah yang akan membantu Luffy, dan masih bisa bertambah setelah reverie ini. Menyenangkan meilihat Vivi, Dalton, Shirahoshi, Rebecca bertemu dan saling bercerita tentang kebaikan Luffy, Luffy akan menjadi bintang pada reverie kali ini, mungkin hanya dia bajak laut yang akan dibela oleh banyak kerajaan, belum lagi ada dua anggota Strawhat Grand Fleet di dalam acara ini, yaitu Sai dan Leo, dengan begini, mungkin Luffy...ah tidak....mungkin Strawhat bisa mendapatkan informasi menarik tentang apa yang terjadi di dalam Mary Geoise.

Pastinya di dalam reverie ini akan ada keributan, seperti yang kita tahu, para commander RA sudah menyusup ke dalam Mary Geoise, tapi selain itu mungkin akan ada keributan lainnya, penyebabnya dari dalam Celestial Dragon itu sendiri, yaitu Charloss, salah satu bangsawan Celestial Dragon, dia sepertinya tertarik saat melihat Shirahoshi, seorang putri mermaid, biarpun Shirahoshi adalah seorang putri kerajaan, dan memiliki kehormatan yang tinggi, kemungkinan Charloss tidak memandang itu, mungkin nantinya dia berpikir kalau "semua ikan sama saja", setelah itu dia akan berusaha "menawar" dan "membeli" Shirahoshi, hal ini akan memicu konflik yang lebih besar lagi.

Dibalik kemeriahan acara berkumpulnya para raja ini, tanpa disadari ada seseorang dengan kostum aneh memasuki ruang harta Mary Geoise, ya saya berpikir ruang harta karena Doflamingo yang berada dalam Impel Down berteriak tentang harta yang tersembunyi di balik Mary Geoise, orang dengan kostum aneh tersebut sepertinya berhasil menemukan harta yang dimaksud, dan ternyata itu adalah sebuah topi jerami berukuran besar, yakin besar? Bagaimana jika orang berkostum aneh itu yang berukuran kecil? Saya yakin orang itu tidak kecil, karena dia memegang poster buronan bergambar Luffy, poster itu adalah pembanding yang sempurna, karena poster itu pasti dicetak hanya dengan satu ukuran, ukuran normal, yang pas dengan genggaman manusia biasa.

Jadi, apa maksud topi itu? Mungkin zaman dahulu seluruh keluarga D menggunakan topi itu sebagai simbol, semua pasukannya mengenakan topi jerami, kenapa harus D? Karena seperti yang kita tahu, Luffy mendapatkan topi jerami dari Shanks, dan Shanks mendapatkan topi itu dari Gol D. Roger, jadi yang tahu sejarah dan filosofi topi itu sebenarnya adalah Roger yang merupakan salah satu keluarga D, mungkin Roger menitipkan topi itu karena dia berniat ingin meneruskan simbol keluarga D pada Shanks, namun setelah itu Shanks bertemu Luffy, dan seperti melihat berlian mentah, Shanks memberikan simbol yang memang seharusnya dipegang oleh keluarga D asli, yah kasarnya, Shanks merasa tidak berhak memakai topi itu, karena dia bukan bagian dari keluarga D, mungkin itu juga yang menjadi sebab Shanks tidak menggunakan jolly roger bertopi jerami sebelum Luffy, lalu mengapa topinya besar? Kita tahu, keluarga D bukan hanya dari ras manusia biasa, ada juga yang raksasa seperti Jaguar D. Sauro, jadi, tidak menutup kemungkinan adanya ras lain.

Yang menakutkan adalah orang berkostum aneh ini, orang yang berhasil menyusup Mary Geoise dengan mudahnya, siapa dia? Aliansi atau musuh? Yang pertama terpikir oleh saya adalah RA, karena musuh World Govt dan Celestial Dragon saat ini adalah RA, jelas RA tak akan "mencolek" Luffy, setidaknya untuk saat ini, berarti aliansi, tapi setelah diperhatikan lagi, orang ini juga membawa beberapa poster buronan, dan yang paling jelas adalah poster Luffy, ini yang membuat saya ragu, orang ini berpihak pada siapa? Apa dia anak buah Doflaminggo? Kaido? Kurohige? Salah satu anggota Celestial Dragon yang memberontak? Atau dia hanya kolektor topi jerami? Haha.



Kanpai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar